Film Tema Kolosal The Last Samurai Melibatkan Bintang Tom Cruise

The Last Samurai fenomenal

Film tema kolosal berjudul The Last Samurai merupakan masterpiece bergenre action drama, pertama kali rilis pada 2003 di Amerika Serikat. Sutradara sekaligus produsernya adalah Edward Zwick, dan dalam penulisan naskah skenarionya beliau mendapat bantuan dari John Logan serta Marshall Herskovitz.

Tom Cruise menerima kepercayaan sebagai pemeran utama yaitu seorang kapten kelompok Resimen Kavaleri ke – 7 asal Amerika Serikat, abad 19. Ia terlibat konflik personal karena sisi emosional dalam dirinya, menyebabkan ia membelot ke kubu samurai Jepang pasca insiden Restorasi Meiji.

Alur cerita film fenomenal ini mendapat pengaruh langsung dari peristiwa Pemberontakan Satsuma pada tahun 1877 hasil pimpinan Saigou Takamori. Selama periode tersebut, Jepang mendapat tekanan berupa ancaman kepunahan budaya asli akibat tindakan westernisasi dari pihak luar yaitu negara barat.

film tema kolosal ada tom cruise

Film The Last Samurai tayang perdana pertama kalinya di Tokyo, 22 November 2003, berlanjut pada peluncurannya di Amerika Serikat, 5 Desember 2003. Setelah itu, barulah ia mendapat izin penayangan ke seluruh wilayah Jepang sehari kemudian, namun nilainya rata-rata saja oleh penilaian kritikus.

Beda halnya dalam skala world wide, karena The Last Samurai menorehkan hasil cukup memuaskan dengan pendapatan menyentuh USD $456 juta. Berarti itu tandanya Edward Zwick sukses mengantarkan karyanya masuk kategori box office sebab penerimaan oleh publik terbilang masih sangat positif.

Film Tema Kolosal Terbaik Salah Satunya Berkat Tom Cruise

Alkisah film tema kolosal ini menceritakan tentang frustasinya pensiunan kapten angkatan darat AS yaitu Nathan Algren, bergumul sifat kecanduan minuman keras. Ia memiliki kepahitan dalam hatinya karena menderita trauma akut atas kebrutalannya mengikuti perang Indian – Amerika beberapa waktu lalu.

Pada belahan bumi lainnya, hiduplah pengusaha di negara Jepang bernama Omura, sedang merapatkan barisan membentuk pasukan tentara khusus melindungi kaisar. Pasalnya, saat itu sekumpulan samurai bersepakat menjalani kudeta besar – besaran terhadap kaisar Jepang terbaru yang mereka anggap tidak layak memerintah.

Omura sebagai pebisnis memiliki pola pikir modern, sehingga ia tidak keberatan menggunakan jasa prajurit Amerika Serikat untuk melatih pasukan bentukannya. Nathan Algren terpilih sebagai kandidat pelatih, dan ia terpaksa menerima tawaran pekerjaan tersebut akibat kesulitan finansial tengah menghimpit hidupnya.

film tema kolosal tapi nyentrik

Algren begitu terkejut sesampainya di negeri matahari terbit, karena mendapati bahwa pasukan darurat tersebut berasal dari kalangan petani rakyat jelata. Betapa ironisnya kondisi saat itu, karena mereka bahkan sangatlah awam serta buta wawasan seputar persenjataan api maupun peperangan secara langsung.

Konflik semakin meninggi manakala Omura berniat mengirim sepasukan petani itu untuk berperang langsung berhadapan dengan para samurai terlatih membunuh manusia. Algren gagal membatalkan perintah tersebut, sehingga berakibat pada tewasnya Zebulon Gant, rekannya sesama prajurit bayaran berkewarga negaraan Amerika Serikat.

Tom Cruise Bertransformasi Dari Tentara Menjadi Samurai

Kekalahan telak dari peperangan tersebut membuat Nathan Algren terdesak, ia terpojok oleh kepungan para samurai yang siap menebas kepalanya. Ajaibnya, pimpinan tertinggi samurai yaitu Katsumoto mengampuni nyawa Nathan karena melihat sebuah potensi dalam tatapan tajam kedua bola mata nya.

Film tema kolosal The Last Samurai memang cerdas mempercayakan Tom Cruise memerankan Nathan Algren, karena ia begitu natural menggambarkan sosoknya. kenaturalan Tom Cruise sama baiknya dengan akting pemeran Hua Mulan lansiran Disney terbaru. Kelanjutan kisah Algren pada awalnya mendapat perlakuan kasar karena statusnya sebagai tahanan perang, lagipula ia sudah tidak bersemangat melanjutkan hidup.

Lambat laun persepsi para samurai terhadap Nathan mulai berubah melunak, bahkan Katsumoto menyatakan keinginan tulus untuk menjalin persahabatan dengan nya. Algren mengapresiasi hal tersebut, dan perlahan mulai mengobati kecanduan alkoholnya serta mencoba menata ulang hidupnya yang berantakan sembari belajar budaya Jepang.

film tema kolosal tidak memangkas rambut tom cruise

Algren mulai memahami menggunakan sudut pandang para samurai, bahwa sesungguhnya mereka bukanlah sekumpulan orang jahat seperti diceritakan oleh pebisnis Omura. Komplotan samurai ini hanyalah semata-mata berusaha memperjuangkan kelestarian identitas asli masyarakat Jepang karena kaisar mendukung pemusnahannya dengan mengizinkan westernisasi.

Algren bukan hanya semakin berempati terhadap situasi dan kondisi samurai merangkap warga negara Jepang tersebut, bertekad membantunya sekuat tenaga. Ia bahkan diam – diam mulai menaruh perasaan khusus terhadap Taka, adik perempuan Katsumoto sekaligus janda akibat suaminya mati terbunuh Algren. Untuk mengetahui lanjutan kisahnya, silahkan cari film The Last Samurai di toko DVD terdekat kota anda.